29 May 2006

Help..

Sabtu kemaren, 27 Juni 2006, Jogja terkena gempa. Alhamdulillah, rumah gw di utara aman. Daerah utara relatif aman. Bahkan utuh. Tapi yang parah mulai jogja tengah ke selatan dan ke timur. Taman Siswa, Giwangan, kamu bisa ketemu rumah-rumah yang roboh dan rata dengan tanah. Kalopun masi berdiri, udah rawan roboh dan gak layak huni. Retak gak karuan. Kata temen gw, udah calon reruntuhan.
Dua hari ini gw udah muter-muter :p, tapi gak bisa bantu apa2.. :(( Prioritas gw adalah cek temen-temen gw.

Nah, sekarang gw gak bisa nulis banyak. Yang pasti, kalo mo kasi bantuan, saran gw nih yang urgent adalah :

  • tenda/terpal
  • lampu badai/lentera, soalnya listrik mati (gak mungkin kan nyalain lilin di tenda padahal lagi ujan badai??!!)
  • air bersih (minum selalu kebutuhan utama)
  • makanan (yang siap saji dan yang tahan lama), makanan bayi
  • selimut
  • obat-obatan (karena mereka rata-rata cuma periksa ke dokter sekali aja, dan gak ganti perban lagi), plus mereka kedinginan gara-gara ujan badai segala macem..
  • baju pantas pake, celana dalem pun mereka perlu
  • sabun dan odol (kalopun gak ada air buat mandi, minimal mereka bisa cuci tangan dan cuci muka)
  • pembalut (namanya juga cewek...)
  • Dan gak pake lama.. Disini masi banyak yang blm makan dari kemaren..
Itu yang gw liat di lapangan kemaren.
Disini ambulanz hilir mudik..
Rumah-rumah banyak yang retak..
Banyak orang duduk di jalan jalan..
Rumah sakit masi penuh banget..
Jogja tengah ke selatan kayak kota mati kalo malem, soalnya gak ada listrik..
Telpon juga susah disana, secara banyak BTS yang ambruk, dan yang namanya telpon salah sambung tuh udah makanan dari jam ke jam..

Nah, satu lagi..
Momon, gw dan temen-temen ngelola web yang isinya informasi gempa jogja.
http://www.helpjogja.net
Kami berusaha update informasi buat kondisi jogja yang blom terjamah ato informasi lain sehubungan gempa jogja.
Kalo ada yang bisa kasi informasi ato butuh bantuan, bisa kirim ke
email : akhmadf@gmail.com
by phone :
  • ke herman 081 125 8949
  • ke tika 0819 3272 5260
  • ke toni 0813 2810 4171

Gitu aja. Let's pray together..

Update informasi 29 Mei 2006 20:19 WIB :
  • Tadi sore, jalan Bantul muacet.. Gw milih mundur dan pulang balik, lanjut besok lagi aja. Mungkin gara-gara ada kunjungan SBY. Ada isu kalo macet ini gara-gara rusuh cegatan bantuan logistik. Tapi gw nanya temen-temen yang baru balik dari Bantul, gak sampe segitunya.
  • Toko-toko masi pada tutup disini. Cari sembako susah. Tapi tadi SUPERINDO BCA udah restock. Mereka udah buka dari hari Minggu. Dan antrinyaaaa... Wuih...
  • Masi banyak daerah yang belom kesentuh. Temen gw di daerah Panggungharjo, Bantul ngomel-ngomel gara-gara birokrasi bantuan yang brengsek. Makanan bayi dari Bogor baru sampe Jumat. Tapi gw pikir wajar kalo bantuan dari luar kota nyampenya lama.. Bandara tutup, dan jalan darat tentu full.
  • Gempa susulan masih banyak banget disini. Tapi yang namanya gempa aftershock tuh mesti cuma kecil-kecil, karena itu cuma gempa buat menyamakan level patahan.
  • Gw blom banyak nonton tipi, tapi tadi gw denger di radio, kalo ternyata ada penelitian yang menyebutkan episentrum gempa ada di daratan, sepanjang patahan antara Pantai Parangtritis sampe Prambanan lanjut ke Klaten. Pantes Klaten kena..
  • info laen, mungkin bisa liat di www.helpjogja.net

Update informasi 30 Mei 2006 12:10 WIB :
  • Tadi barusan ama Momon ke BASARNAS (Badan SAR Nasional).
    Posko mereka di Stadion UNY, dan tugas mereka adalah melakukan pertolongan untuk korban-korban yang belum terevakuasi. Mereka sendiri punya 3 helikopter untuk daerah-daerah yang belum terjangkau
    Ternyata disana ada rumah sakit lapangan darurat, dan disana butuh banget tenaga medis.
Situs informasi Gempa Bumi Jogja 27 Mei 2006 :
  1. www.helpjogja.net
  2. www.mediacenter.or.id
  3. www.pemda-diy.go.id/berita/