08 March 2006

Jakarta International Java Jazz Festival ( JIJJF)

JAVA JAZZ Festival 2006 (JJF) kembali digelar. Pada pelaksanaannya kali ini, JJF 2006 bakal memuaskan dahaga pencinta jazz Indonesia, karena didukung oleh lebih dari 1000 musisi. Sama seperti tahun sebelumnya, JJF 2006 dilaksanakan di Jakarta Hall Convention Center, Bali Sidang, Jakarta. Diadain 3 hari, tanggal 3, 4, dan 5 Maret 2006.

Secara tiketnya yang 900ribu (apaaaa...??!!!!) itu, tetep aja tiketnya laris manis. Naeknya lumayan juga yah, kalo inget taon kemaren harga tiketnya 500ribu perak. Tapi dengan harga tiket segitu, kita bisa nonton musisi-musisi dunia yang keren abis. Liat aja jadwal JIJJF yang 3 hari itu. Take 6, Patti Austin, Bob James, Lee Ritenour, Kirk Whalum, Jonathan Butler, Mezzoforte, Kool & The Gang,Tetsuro Sakurai, Brand New Havies, Rick Braun, Gerald Albright, Tower of Power, bla bla bla.....

Temen gw kemaren berangkat ke Jakarta buat liputan Java Jazz Festival. Nah, hasil bincang-bincang gw ama ni anak, kira-kira bisa ditarik kesimpulan kayak gini nih.

Menurut temen gw ini, Java Jazz nih buat sebagian kalangan kayaknya lebih berfungsi sebagai ajang bersosial dan angkat prestige. Hahhahaa..
Gimana gak. Harga tiket yang lumayan selangit (apalagi buat gw..) , artis-artis plus nama-nama kondang yang bakal berseliweran di venue, dan nama besar Java Jazz Festival yang merupakan gengsi tersendiri.
Sapa yang gak dengan bangga ngomong : " Gw kemaren nonton Java Jazz Festival loh.."
Wah, gw juga mau banget nonton tuh.. Hehe..

Satu lagi cerita yang menarik. Ada salah satu band jazz luar yang diinterview ama temen gw, yang dengan lugasnya menyatakan kebingungannya.

"Saya bingung ama title acara ini. Java Jazz Festival? Kenapa banyak musisi bukan Jazz dari Indonesia yang tampil disini? Glenn is not jazzy at all, i think.."
Wekekekkekk.. Iya. Gw juga setuju ama pendapat ni bule. Sempet bingung waktu liat jadwalnya. Ada White Shoes (emang White Shoes nge-jazz?), Glenn, Tangga ?????!!!

Hahahaha..
Yaaa, acara seperti ini tidak bisa dilepaskan dari pengaruh five major label industry emang..

Tapi di balik kesinisan kayak gitu, emang acara ini luar biasa deh. Baik dari musisi yang dateng, juga dari apresiasi penonton yang tinggi buat tiap sesi pementasan. Gak ada satupun jadwal penampilan musisi yang kosong dari penonton. Bahkan musisi-musisi dari luar yang notabene gak pernah temen gw denger (padahal dia maniak jazz) selalu mendapatkan aplaus dan apresiasi yang meriah. Wah.. Emang kayaknya susah kalo Java Jazz diadain di Jogja.. Bakal stress musisinya liat penonton Jogja yang rata-rata adem ayem, tentram dan damai..

Waktu Maliq n the Essential maen, wah.. penuh banget tuh hall. Gak bisa masuk deh. Gw sampe heran, kenapa waktu mereka manggung di Jogja, sepi penonton ya?
Trus, ada band yang berasal dari Belanda, namanya Rilex. Temen gw amazing banget deh liat band satu ini. Dengan alat musik minimalis (bayangin, drummernya cuma pake simbal ama snare doang..) bisa menghasilkan output yang mengagumkan. Dan ia langsung membeli duwa CD mereka!! Dasar maniak...

Oiya, ada beberapa musisi yang bekerja keras. Hehe.. Istilah bekerja keras nih maksudna, karena si musisi ini memang ber-massa banyak, jadilah dia tampil di beberapa sesi jadwal pementasan berkolaborasi dengan musisi lain atau tampil solo.