18 May 2006

Top Deadliest Snakes In The World

Apakah warna ular menentukan keganasan bisa?



Dulu, gw sempet yakin, bahwa pada binatang-binatang yang berbisa, semakin mereka mempunyai warna yang menarik pada tubuhnya, semakin kuat pula bisa mereka. Tapi ternyata gw salah kaprah. Ada beberapa ular yang berwarna sederhana (hehe.. apa sebutan yang paling tepat ya..?), dan ternyata tergolong top killer snake.. Waow..

Gw gak suka uler, ular, ulat... whateva..
*sigh..*

Kenapa gw tau-tau bahas uler sih?! (Males banget benernya ngomong 'ular'. Resmi sekali.. Biar ditangkap polisi EYD, bodo deh..)
Tadi siang nih, temen gw "dirayapi" ular, yang warnanya (katanya) sumpah asik banget. Biru, plus gradasi orange (serasa bahas template blog..). Cuma sepanjang 15-20 cm, dan menurut temen gw, tuh ular masi bayi. Weks... Pengennya ditangkap, trus dipelihara (iseng bangeet!!!!), tapi keburu kabur. Dan temen gw ngotot itu bukan jenis ular berbisa.

Gw jadi penasaran, dan browsing kemana-mana. Berdasar penyelidikan gw (cuih!), ada beberapa top killer snake yang udah ketauan ama manusia. Gw bilang ketauan, soalnya sapa tau di kedalaman Afrika sana, ato mungkin di hutan-hutan Kalimantan masi banyak spesies yang masi blom terdeteksi.

  1. Inland taipan (Oxyuranus microlepidotus)
  2. Eastern Brown Snake (Pseudonaja textilis)
  3. King Brown (Pseudechis Australis)
  4. Papuan taipan (Oxyuranus scutellatus) , dan beberapa "taipan" laen..
  5. Saw Scaled Viper (Echis carinatus)
  6. Black Mamba (Dendroaspis polylepis)
  7. Death Adder (Acanthophis antarcticus)
  8. Tiger Snake (Notechis scutatus)
  9. Ular Weling atau Malayan Krait (Bungarus candidus)
  10. Ular Putih (Micropechis ikaheka)
Dari sekian banyak ular berbisa, yang paling sering gw denger, paling cuma ular kobra, sama ular weling putih. Dan ternyata, ular kobra ama ular weling putih tuh lebih berbisa ular yang terakhir! Padahal sejak kecil, stigma ular kobra adalah ular paling berbisa tuh paling nempel di kepala.

Nah, yang satu lagi harus ditekankan mungkin adalah beda antara ular yang bisa membunuh karena bisa/racun, dan ular pembunuh karena dia emang punya lilitan yang sangat kuat. Anaconda, sebagai salah satu keluarga ular boa adalah salah satu ular yang paling besar di dunia dan lilitannya bisa bikin tulang patah dalam sekejap. Pernah liat pilem Anaconda kan?!
Beliau dijuluki elephant killer karena ular ini adalah jenis ular yang tergesit gerakannya dibandingkan sesama ular-ular raksasa laennya.

Sejenis dengan boa, adalah ular berkebangsaan Phyton, yang bersenjata sama kayak Boa, yaitu mengandalkan lilitan.

Ada satu lagi jenis ular yang tidak berbisa, tapi hebatnya dia bisa kebal ama bisa ular laen. Bahkan menu utama makanannya sendiri adalah ular. Huehehe.. Gak sopan banget ni uler..
King snake (getulus californiae) menindih mangsanya dengan badannya yang emang gedhe dan pipih dan kemudian memakannya.


Sumber :