11 December 2005

11 Desember 24 tahun lalu..

Hehe..
Udah lama banget gak nge-blogz.. So many works around me.. :(
1981 - Sekitar 900 warga sipil di El Salvador dibunuh dalam Pembantaian El Mozote.
Begitu yang tertera pada halaman utama Wikipedia Indonesia.
El Mozote adalah sebuah desa di wilayah El Savador yang terdiri dari sekitar 20-an unit rumah yang mengelilingi sebuah lapangan. Pembantaian di desa El Mazato ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 1981 dan didalangi oleh unit dari tentara Salvador yaitu Atlacal Battalion. Sehari sebelum hari mengerikan tersebut, tentara Atlacal battalion terlibat bentrok dengan separatis, dan mendatangi desa El Mozote. Di sana, Atlacal memerintahkan setiap orang yang ada untuk keluar rumah, dan mengumpulkan mereka di lapangan dan menginterogasi setiap penduduk.

Esok paginya, semua penduduk kembali dikumpulkan dan dipisah-pisahkan antara Pria, Wanita, dan anak-anak. Atlacal menginterogasi, menyiksa dan menembak para pria , dan dilanjutkan dengan wanita dan terakhir anak-anak yang terkurung dalam gereja. Setelah pembantaian dilakukan, tentara membakar bangunan yang ada di El Mozote, kemudian pergi menuju desa selanjutnya.

Reportase atas insiden ini pertama kali dilakukan media oleh Times dan The Post pada tanggal 27 Januari 1982. Mereka mewawancarai seorang warga El Mozote yang selamat yaitu Rufina Amaya, yang kehilangan suami dan keempat anaknya dalam pembantaian tersebut.


Referensi :