01 February 2006

Poligami ?

Seperti Dr. Asma Barlas, gw gak gitu suka menyebut diri gw feminis. Gw setuju ama pendapat beliau, bahwa konsep feminis tuh belom menemukan definisi yang tepat. Seperti contohnya., banyak kaum feminis yang gak gitu suka dengan konsep Islam memperlakukan wanita dan menyebut Islam adalah agama yang patriarkhis.

Tapi untuk tidak menyebut diri gw feminis pun susah. Karena gw sendiri gak gitu nyaman untuk men gender kan segala sesuatunya. Dan masalah gender-men gender kan ini, ada temen cowok gw yang bikin gw gak abis pikir. Menurut dia, kalo emang cewek tuh menuntut hak yang sama dengan pria, cewek mestinya gak minta buat diperhatiin lebih dan diperlakukan dengan spesial. Gw setuju sih. Cuma yang gw agak-agak mikir dan heran banget, dia menerapkannya pada hal-hal seperti misalnya, kalo ada satu cewek di antara sekian cowok dan tuh cewek naek motor sendiri, maka dengan menerapkan prinsip di atas tadi, adalah sah dan masih etis kalo tuh cewek tetep naek motor sendiri, padahal harusnya ada cowok yang mungkin bisa boncengin dia dan jagain tuh cewek. Sebenernya ini bukan hal yang harus digedhe-gedhein. Cuma kalo prinsip di atas kemudian dipake buat melegalkan contoh gw tuh, dengan ngomong kayak gini misalnya "ah, lu katanya gak suka di-gender-in. Naek motor sendiri bisa kan? "

Waks.. Aneh. Bukan masalah gender. Ini lebih ke masalah gimana gentle-nya cowok dalam berperilaku kalo boleh gw bilang. Hehe..

Balik ke soal feminis.
Gw pernah kepikiran, kalo sebenernya nikah tuh bukan suatu kewajiban dan hal yang harus dijalani buat cewek. Bagi gw, itu malah menghambat gw buat maju. Bayangin deh, waktu ngurusin cucian di rumah, harusnya gw bisa duduk di kafe, kenalan ama orang baru, trus sapa tau dapet job baru dari orang itu, ato orang itu bisa kenalin gw lagi ke orang laen yang berpotensi buat gw. Tapi pikiran ini lumayan bisa ternetralisir ama someone who i love him so..
Hehe..

Nah, bicara soal poligami. Seorang feminis radikal pasti bakalan frontal menolak dengan keras, dengan alasan menginjak-injak cewek dari harkat martabat dan harga diri dan blabla dan blukutuk blukutuk.. Padahal kalo gw liatnya gak gitu. Karena hukum Islam selalu mempunyai aspek empatif pada setiap eksekusinya. Poligami tuh secara garis besar di mata gw dimaksudkan untuk mengangkat harkat wanita, menolongnya dari kesulitan, dan mengatasi masalah kependudukan secara makro. Itu aja masi pake syarat macem2 lagi tuh. Seperti misalnya, istri terdahulu harus tau dan setuju. Tambah lagi, cowok yang mo praktek poligami ni emang mampu adil buat istri-istrinya (yang gw pikir susah banget tuh),

Liat deh Nabi Muhammad. Kayaknya udah basi deh, kalo gw bilang istri beliau tuh gak ada yang perawan, kecuali Aisah. Hampir semuanya janda dari sahabat-sahabatnya yang meninggal dalam perang. Dan beliau bukan Oedipus Complex. Jelas. Soalnya ada Aisah. Hehe.. Fakta yang tinggal disubstitusikan satu sama laen kalo mo mikir dengan logika yang sehat.


Walopun konsep mikir gw kayak gitu, tetep gw gak nyaman ama poligaminya Om Puspo Wardoyo. Menurut gw, dia jadi kemaki gara2 ke-poligami-annya. Raja Poligami? Ngng.. Bangga sekali si Om ini ya.. Berhasilkah keluarga poligaminya?
Gw gak yakin. Menurut kabar perkutut dari temen gw, anaknya suka gak betah di rumah gara-gara kisah rebutan perhatian dari istri2 si Om Puspo. (Catatan : Gak tau bener apa gak loh ya.. Namanya juga kabar perkutut..) Rumah makan Wong Solo tuh emang gedhe dan sukses, tapi salah kaprah jadinya kalo denger komentarnya yang menghubung-hubungkan poligami ama suksesnya. Dimana simbiosisnya ya?? Setau gw sih, kebalikannya. Hehe..

Nah, poligami itu kan buat yang udah nikah. Sekarang, gimana bab menduakan cewek or pacar?
Enak tuh kalo bisa dilegalkan kayak poligami. Tapi sepanjang pengalaman dan pengetahuan gw, cuma cewek depresi, ato cinta mati buta seiya-sekata sehidup-semati sejatuh-sebangun dan bodoh, ato malah emang gak minat lagi ama cowoknya, yang mau diduain cowoknya.Itu kalo ngeduainnya terang2an. Tapi kayaknya bagai nemu underwear di dalam kulkas deh yang kayak gituan.

Kalo ngeduainnya di belakang? Secinta mati apapun gw, harga diri gw gak bakalan terima diboongin cowok gw bab cewek laen, sehalus apapun itu dia menggambarkannya. Jelaslah.. Coba deh cari di tipi satu sinetron bab cinta cinta sebelum kegeser ama sinetron berbau agama setengah mistik. Isinya kan tereak-tereak sambil nangis gitu, kalo perlu ada adegan nampar buat cowok yang ketauan selingkuh, dan sebisa mungkin orang satu Mall liat semua. Tapi untungnya etika gw gak mengijinkan buat berperilaku kayak gitu. Hehe..

Dan satu lagi, btw, gw bangga ama cewek yang mampu tetap menjaga harga dirinya dengan memutuskan hubungan mereka secara baik dan tanpa sinetron berkelanjutan macam "Tersandung 7" misalnya. Walopun dilatarbelakangi dengan perselingkuhan sekalipun.

Note : Hei, girl.. Im proud of u.. Sorry for my silence all this time. Both of u are my friends. Im behind u everytime u need me, okay? :)