21 June 2006

Apa sih Salah Indonesia?!!

Iya.. Apa sih salah Indonesia? Sampe dapet keterpurukan hampir di segala bidang gini? Masak ya gak ada satupun titik cerah.
  • Utang banyak (eh, malah mo ditambah utang lagi nih.. :( gawat.. )
  • Sepakbola payah.. (hihi.. berhubung lagi musimnya..)
  • Semrawutnya BAKORNAS dan SATKORLAK kalo ada bencana..
  • Bikin KTP aja susah..
  • IGOS yang gak ada kabarnya..
  • Isu lingkungan yang hampir selalu sekedar wacana..
  • SARA dimana-mana..
  • Anarkhisme yang mengatasnamakan golongan tertentu.. (dan herannya dibiarin aja ama polisi?! Sapa sih bekingnya?!)
  • Pakar yang pakar-pakaran.. (wekekkekekk..)
  • Reformasi yang kayaknya yuk dadah bye..bye..
  • Korupsi gak abis-abis.. Ditangkep satu, ada lagi.. ada lagi..
  • waa.. banyak..
Sori, gw cuma mahasiswi yang gak lulus-lulus yang bisanya cuma protes mungkin. Gw sendiri juga dah mulai eneg kalo ada yang kritik pemerintah. Coba tuh orang nyoba sendiri jadi Presiden kayak apa rasanya. Gimana rasanya diangkat jadi Menteri Keuangan dan harus benerin keboborokan anggaran dan citranya di mata masyarakat yang udah mengkarat berdekade yang lalu.

Tapi rasanya nunggu Pemerintah jadi bener juga gak selese-selese. Gw sampe bingung. Apa yang salah sih?! Apa yang kurang?!
Sumber Daya Manusia?! Wah, isu basi. Indonesia nih banyak orang pinter dan punya otak kok (walopun banyak juga yang otaknya sekedar buat ngisi batok kepala doang..). Yang prestasinya go internasional juga banyak. Jadi? Masak mereka gak bisa nyumbang buat kemandirian dikit bangsa ini (gw tegaskan, kemandirian loh ya, bukan kemajuan..).
Duit?! Aahh, apalagi ini. Super basi nih. Walopun dengan fakta bahwa Indonesia punya utang segunung, sebenernya aliran dan sirkulasi duit di Indo nih cukup banget kok kalo gak bole dibilang banyak.
Gak ada masukan dan kritik? Gak mungkin kan pake alasan itu.. Kayaknya udah bosen deh denger orang maen tuding-tuding dari yang sangat sopan sekali sampe yang ngelemparin gedung kayak FPI. (sori ya mas FPI, tapi terus terang gw gak respek ama kelakuan anda-anda itu loh.. hehe..)

Jadi??
Apa doongg yang salah???
Temen gw jawab : "cuma satu, POLA PIKIR"
Hah? Pola Pikir?
Kok bisa? Kenapa?

Tapi setelah gw pikir-pikir lagi, emang kayaknya bener juga sih. Dengan pola pikir yang kadang lebih ngikutin adat-istiadat dan kebiasaan yang dari dulu kita punya, emang rada susah mo maju. KKN? Itu juga emang adat kita kan? Dan sebagian pola pikir laen hasil "didikan" dari Belanda dulu.

Bab utang misalnya, mungkin para pemimpin sana emang masi punya pola pikir yang gak bisa mandiri, alias ketergantungan ama orang laen. Masi untung ada orang kayak Kwik Kian Gie yang masi bisa koar-koar ngasi saran. (salut gw ama orang ini.. Beliau adalah satu orang di antara sekian yang berpola pikir bangsa ini harus mandiri, dengan gak ngasi tambang-tambang Indonesia ke proyek bangsa laen.)

Bab prestasi misalnya, mungkin para pemimpin sana masi berpola pikir kalo kita ini bangsa yang bukan bangsa pemimpin. Buatan barat tentu lebih bagus. Ya sudahlah, impor sajalah teknologi dari luar. Ada yang bikin OS di Indonesia? Wah.. Sudahlah, mesti bagusan yang buatan luar negeri lah... Sudahlah, kita ini bisa apa sih??

Bab pertanian misalnya, sampe gula dan beras pun kita impor. Mungkin para pengatur kebijakan di atas sana berpola pikir kalo sesuatu yang murah tentu lebih menguntungkan. Sesuatu yang gampang tentu lebih menyenangkan. Beras Rojolele? Wah, mahal.. Murah beras Thailand tuh.. Kualitasnya juga gak beda-beda banget.. Sudahlah, impor sajalah beras. Kalo ngurusin petani sini susah.. Maunya banyak.. Operasionalnya juga makan biaya. Sudahlah, kita cari yang gampang aja, yang gak usah susah-susah. Gula? Impor aja.. Kalo dari sini repot, mesti kasi pelatihan segala macem. Mana sempet??

Itu bab kebijakan segala macem. Blom yang kayak demo-demo gak jelas menentang inilah dan menentang itulah.. Ada yang nyleneh dikit, bakar. Ada yang nyebelin dikit, serbu. Gak pake mikir lagi. Duh! Malu-maluin!!

Gw sendiri gak bisa bayangin kalo Indonesia masuk Piala Dunia. Yang wasit sini aja kasi kartu merah aja masi mikir-mikir setengah mampus, takut dikeroyok.. Gimana cerita kalo di luar sana? Malu-maluin (lagi..)!! Lagi-lagi karena pola pikir. Kalah menang adalah harga diri. Dan harga diri harus dipertahankan. Dan yang namanya mempertahankan diri itu kalo perlu harus meregang nyawa (mana peduli nyawa sendiri apa nyawa orang..). Dan mereka jadi gak mikir kalo mereka mati konyol... nyol...

Dan jayalah bangsa ini dengan pola pikir pecundangnya..