25 June 2006

Razespyware sux...


Kemaren siang, tau-tau dekstop gw merah membara. Abis nginstall theme firefox tuh. Dan beberapa saat berikutnya, semua jadi serba lambat.. Whattaaa....?!!!!

Temen gw bilang : "matiin service-service yang gak diperluin..!!"

Dan hasilnya, tambah parah deh.. Apalagi gw yang gak sabaran.. Lambat dikit rasanya pengen restart.. Uuurrggghhh... *ngelus dada..*

Ternyata gw kena razespyware. Kirain itu cuma spyware biasa (yang nawarin anti spyware bernama spyware dengan harga US$ 49,95) yang menuh2in dekstop. Ternyata malah virus. Service-service gak mutu pun berkembang biak, menuh-menuhin memori. Hhhh.. Memori laptop yang 512 Mb pun gak berdaya dibuatnya.. Siyal...

Gw mulai curiga tuh, jangan-jangan ada yang gak beres ama yang namanya razespyware yang ditawarin (dan nampang kurang ajar di dekstop gw) . Googling, dan ketemulah jawabannya.
"Razespyware (also known as AZESearch) is a rogue antispyware application that installs itself on your desktop and then displays popups telling the user that they have spyware installed. The bright red flashing popups also nag the user to purchase RazeSpyware for $49.95"
Nah.. Bener deh. Virus tuh. Dan kenapa pula laptop gw bisa kena? Ternyata ini akibat gw sering googling crack game. Gak tau kenapa, situs-situs hasil googling yang (katanya) nyediain crack, biasanya berujung nawarin cewek-cewek telanjang. Pinter banget yang bikin itu situs yah.. (malah kagum!! *tendang tika..*) Dan itu berujung ke munculnya spyware-spyware yang nginfeksi sistem, baik secara hidden ataupun terang-terangan.

Jadilah semalaman gw cari dan donlod anti virus dan anti spyware. Pertama gw donlod SmitRem, yang katanya bakal ngilangin si merah membara. Gw install, dan dari safe mode gw jalanin. Masuk lagi ke normal mode, ternyata ilang.. Yihaa.. Gw dah seneng tuh!!

Tapi ternyata lagii... laptop tetep aja lambat, dan task manager tetep full sama service-service gak jelas. Dari sekian orang yang ditanya, hampir semua menyarankan buat install ulang dan format harddisk. Enak sih benernya, tapi windows gw kan legal.. (hiks..) Gw gak tega mo nginstal ulang lagi.. Jarang-jarang nih punya windows legal..

Akhirnya berjuang lagi deh. Hahaha.. Setelah liat-liat dan mikir-mikir (pokoknya harus free.. wekekekk.. ), gw donlod spyware doctor, sama Panda Anti Virus. Secara laptop lagi mabok berat, jadi gw pindah ke kompie tetangga (makasih Thomas...).

Semalaman suntuk scan harddisk di safe mode pake spyware doctor. Dan gak kelar-kelar juga ampe siang tadi. Harus ngalamin beberapa kali restart gara-gara hang. Akhirnya kelar jugaaa..!! (Beri selamat..! Beri selamat..!)
Masuk lagi ke normal mode, dan jalanin ulang spyware doctor. Dan hasilnya bersih..sih..
Coba scan lagi pake Panda, dan ternyata masi nemu 184 files yang terinfeksi. (ya udah, yang penting dah normal.. hehe..)

Oke.. Masalah selesai..?

NGGAK!!! (hiks..)

Begitu restart ulang lagi dan masuk normal mode lagi, laptop balik melambat lagi. Oh, goosshhh.. Kenapa lagii..?!! (nangis bombay ala indiapun terjadi..)
Ternyata setelah buka task manager, ada yang namanya drwtsn32.exe yang makan memori sampe 152Mb. Howek..
Apalagi nih...!!!
Langsung gw bunuh pake tombol End Process. Tapi ntar mesti waktu restart lagi, ada lagi tuh..
Huwaaa..
Masak gw harus install ulang..???!!!


Btw, kenapa razespyware ada websitenya ya?



Link :