02 August 2006

Dicari : Sekolah Bagus!!

Pertama-tama saya peringatkan, bahwa postingan ini panjaaannngggg...
Bikin males bacanya.. Huehehhehe..
Dan yang kedua, saya ucapkan, bahwa IE SUX!!!

Gw udah nulis ini, dan koneksi putus, dan waktu gw back, tulisan gw yang panjang sepanjang-panjangnya udah ilang..!!!! >:(
Dan gw dah lupa nulis apa aja tadii..!!!
*banting-banting IE..!!*
Siyal, dijual ke loakan juga gak laku lu!!!
*hah? gak nyambung banget sih, tik?*
Fiuuhh..
*ronde satuu... passs...!!!*
Oke, lanjutt...

Ceritanya, gw keinget si eMBek ngomel ngomel ke gw beberapa bulan yang lalu..
"Tiiikkk..!! Gw gak lulus UN..!! Ituuu.. Ujian Nasionaall..!! Aahhhh..!! Mati gw.. Mati gw... "
Dan dia terus mengucapkan "..mati gw.." sebanyak kurang lebih 23 kali lagi..
(iseng amat gw ngitung..)

"Lah, lu masi idup nih... Mati beneran gih sono..."

Si eMBek cemberut total.. "Tika jahat! Aduh, tik!! UN siyalan..!! Sekolahan brengsek..!!"

Lah??!! Kok jadi nyalahin sekolahan sekarang?
Yang ujian kan eluuuu... Pegimane ceritanye nih sekolahan disalahin?!

"Lu enak tik! Dapet sekolahan favorit terus! Lu pinter tik!"
Weks.. Kok jadi bawa-bawa gw?! Muji-muji lagi.. Geer aaahh..

"Lah gw?! Ujian itu kemaren, soal-soalnya buedaaa!! Buedaaa sama yang diajarin di sekolahan..!!! Guru-gurunya sekolah dimana sih dulu?!!!"
Dan sukses gw ngakak berat..!!
Apalagi liat muka si eMBek yang udah kelipet tujuh kali tiga sama dengan dua satu..

Tapi abis itu si eMBek beneran berkaca-kaca.. Jadi gak tega..

"Ya udah.. Kamu sekolah lagi.. Ambil yang paket C.. Sante aja.. Gak lulus UN gak bikin mati kok..."

Dan nonton spongebob dilanjutkan sambil minum es jeruk dan kicauan si eMBek...

Nah..
Sebenernya gw gak mau bahas UN. (Udah banyak yang bahas sihh.. ;p)
Gw pikir-pikir, ada benernya omongan si eMBek. Kualifikasi suatu sekolah, harus diakui secara realita emang agak-agak pengaruh ke qualified-nya siswa yang diluluskan.
Silahken didebat dengan jawaban normatif, tapi tetep aja gw pikir 2 hal ini gak bisa dilepaskan satu sama lain.

Kurikulum Nasional terlalu sarat beban.
Susah sih emang menjejalkan materi yang segitu buanyak ke otak siswa, tapi tetep bikin siswa kritis dan cerdas.
(Gw bilang cerdas ya, bukan pinter menghapal..)
Misalnya, gw pernah baca, ada yang namanya mata pelajaran PLKJ alias Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta, dimana siswa harus ngehapal alamat suatu gedung.
Wakakakakk.. bagus.. bagus..
Jadi, siswa akan siap ketika dia lulus sekolah harus jadi sopir taksi..
*siul siul..*

Di sekolahan umum, kata eMBek ke gw, siswa kayak dia dianggep ember kosong. Diisi terus sama hapalan-hapalan. Trus ujian. Trus ngapalin pelajaran lagi. Trus ujian lagi. Trus ngapalin lagi.. Praktikum cuma bullshit (kata eMBek..) ketika fasilitas sekolah juga seadanya..

Dan gw bilang ke eMBek, sekolah yang bagus akan menyertakan penekanan pembangunan karakter ke siswa. Gak ada gunanya semua pelajaran yang didapat, ketika siswa gak ada otak buat mikir yang laen kecuali rumus trigonometri di kepalanya.

Tapi ya ituuu... Setau gw cuma dikit banget sekolah yang kayak gituuuww..
Setau gw cuma sekolah nasional plus ato sekolah internasional yang menerapkan sistem pembelajaran kayak gitu ke siswa.

Contoh, Sekolah Global Jaya di Bintaro. High Scope.Santo Bellarminus.
Semuanya di wilayah Jabotabek. Dan semuanya tempat belajar orang berduit.
(Bukan tempat belajar orang berdasi..)

Menurut temen gw yang pernah sekolah di Global Jaya, dia lebih banyak ngerjain proyek di sekolahnya dulu. Proyek?! Kayak orang ngantor aja..

Proyek yang dimaksud adalah mempraktekkan apa yang dipelajari, termasuk membuat alat peraga.
Contoh, ketika mata pelajaran geografi, dan mbahas gunung berapi. Siswa dipersilahken membuat miniatur gunung lengkap dengan lapisan-lapisannya.
Hohoho.. Keren...
Selain siswa jadi hapal, dia juga bakal ngerti dan menguasai anatomi si gunung.
Kalo sekolah gw dulu kayak gini, gw gak bakalan kelimpungan sekarang googling bab merapi..
Kata temen gw juga, murid didorong melakukan riset melalui segala sumber yang bisa didapat. Koran kek, Radio kek, buku kek, bahkan internet kek juga dijabanin..

Dan fasilitas nya pun gak maen-maen.
Perpustakaan, ruang komputer yang dilengkapi koneksi internet, ruang audio visual buat muter-muter pilem pun ada.
Waadaooowww.... *ngiler...*

Di sekolah-sekolah yang gw sebut di atas, kurikulum nasional disiasati sedemikian rupa. Yang ditekankan bukan apa yang diajarkan. Tapi bagaimana cara ngajar murid...
Bahasa pengantarnya pun gak cuma basa endonesa. Tapi juga bahasa enggres.
*Arrgghhh.. Pengen sekolah lagiiii...!!!*

Jadi, siswa disini emang dituntunt mengatasi masalah alias problem solving, kreativitas digali terus, dan yang lebih penting nih, siswa gak mandeg mikirnya sebatas teori-teori bullshit aja.

Tapi teori itu penting tik!!!

Iyaaa... Pentiinggg...
Tapi kenapa gw bilang bullshit? Karena tanpa praktek, gw pikir bakalan sulit buat orang ngerti dan menguasai sesuatu.

Kayak gempa nih, tanpa ngalamin gempa hebat kayak kemaren, kayaknya bakal sulit buat orang jogja disini buat belajar bab lempeng-lempeng segala macem. Yang parah, temen gw yang kuliah di Geologi juga kelimpungan gw tanyain ini itu.. Akhirnya?? Sama-sama googling deh..
Wakakaakkakkk..

Tapi ya ituu.. Mereka semua adalah sekolah buat orang berduit banyak.
Gimana gak.
SD Bellarminus, menarik uang masuk 11,5 juta. Iuran bulanan 800rebu per siswa.
SD Global Jaya, menarik uang gedung 14 juta pertahun plus iuran 3 bulan 11,7 juta.
High Scope, menarik 40 juta sebagai uang pangkal, dan 2,4 juta untuk SPP.

Hikz..