30 January 2007

Long Road To Heaven


Malem minggu kemaren, gagal ngajak Momon nonton, gw nonton ama temen temen dari Kedai Kopi. Hehe, thanx yah, ditraktir nonton... ^_^

Terus terang, gw setengah kecewa liat detil detil di pilem ini. Tau pertama kali pilem ini tu dari blognya Syah. Dengan pengharapan yang gede gw nonton. Tapi... Uuhhhh... Banyak banget yang bikin gw gedheg gedheg ngeliatnya... Mungkin Nia Dinata udah ngerasa kali ya, waktu nonton pilem yang dia produserin ini, makanya dia ngomong kalo pilem ini cuma fiksi belaka.

“Long Road to Heaven” lebih menyerupai film dokumenter yang kering, datar dan hampir kehilangan unsur dramatis dari peristiwa yang mengangakan luka mendalam bagi kemanusiaan tersebut.

www.indosinema.com

Pilem ini berkisah tentang peristiwa Bom Bali pada Oktober 2002. Ada beberapa alur cerita, dan dikisahkan secara maju mundur. Mungkin pengennya jadinya kayak Babel ato Crash gituh, yang punya set pelaku dan tempat yang berbeda.

Alur pertama, menggambarkan jaringan teroris yang sedang merencanakan pengeboman. Termasuk di dalamnya adalah kelompok Hambali yang terdiri dari Azahari, Muklas, dan beberapa petinggi dari negara-negara yang berbeda. Dan ada alur laen lagi di dalamnya adalah Amrozi, Ali Imron, dan Imam Samudra.

Alur kedua adalah si Hannah Catrelle, peselancar dari Amerika, yang jadi sukarelawan menolong korban Bom Bali. Bertemu dengan Haji Ismail sebagai sesama sukarelawan juga. Dari Haji Ismail, Hannah mendapat pencerahan bahwa Islam bukanlah teroris kayak yang selama ini dia bayangkan.

Dan alur ketiga, ada si Liz Thompson, seorang wartawan Australia yang datang ke Bali tujuh bulan pasca-pengeboman. Kedatangan Liz disamping untuk meliput proses persidangan para pelaku pemboman, juga untuk mencari bahan guna menulis tentang peristwa tersebut. Liz dibuat bingung, dia liat orang Bali ternyata hampir gak ada dendam terhadap para pelaku.

Ini poin-poin yang gw masi inget...
  1. Hambali, sebagai pimpinan Jamaah Islamiyah, kok jarang banget (apa malah gak pernah ya..) gw liat dia ngucapin salam di pilem ini.

  2. Amrozi di pilem ini digambarkan sebagai orang yang meledak ledak. Sepengetahuan gw, baca dari beberapa media, dia digambarkan sebagai orang yang banyak senyum, mungkin cenderung cengengesan (cengengesannya sih dapet di ni pilem..). Dan kalo Anda Anda merhatiin penggunaan gaya bahasa si Amrozi, gw bingung sama karakter si Amrozi di ni pilem. Kadang dia bisa berlogat anak jakarte, kadang dia bisa berlogat orang jawa.Piye jeh..

  3. Gw sempet denger itu di rapat Hambali, mereka sebut Kerajaan Singapura. Pertamanya sih mikir berat.. Trus cari di wikipedia.. Ternyata emang Singapura itu negara Republik. Tapi kalo googling, semua artikel yang gw dapet adalah dari Malaysia. Mungkin cuma orang Malaysia yang nyebut Singapura dengan Kerajaan Singapura.. Gw gak gitu ngerti yang giniaann.. HUiks.. Anyone..?

  4. Satu hal yang ganggu banget adalah ketika liat kamera yang dipake Liz. Kalo dia emang jauh jauh dateng dari Australia sono, niat mo bikin liputan bab Pasca Bom Bali, kok ya dia cuma bawa kamera poket digital yang kesannya gak wartawan banget ya.. Ini wartawan amatiran ato wartawan gosip? Ato mungkin gw aja yang emang gak ngerti kamera? Hehehe.. (sok tau..)

  5. Yang lucu lagi ituh, tempat rapat si Hambali dkk. Rapat digambarkan diadakan di Thailand. Satu-satunya petunjuk di pilem itu bahwa tempat itu (kayak) di Thailand, adalah adanya Xbanner tentang Thai Boxing yang sengaja diliatin di luar kamar, di belakang Hambali waktu lagi ngobrol ama Muklas.. hehe..

  6. Trus ada lagi yang lucu. Di markas pembuatan bom tempat Ali Imron, Amrozi dan si Imam Samudra mengumpulkan bahan bom, itu karung karung bahan bom ada labelnya gedhe gedhe.. Karung ini isinya apa. Karung itu isinya apa. Jelas banget hasil print.. Waduh.. Gw sih blom pernah bikin bom ya.. Untuk bahan-bahan bom yang walopun cuma dibeli di toko kimia, kalo gw yang ngerakit, gak bakal gw sembarangan kasi di pojok rumah, dan gw kasi label segedhe gaban gituh.. Ato gw aja yang sok tau?? Hehe..

  7. Trus, untuk situasi peledakan bom yang segedhe itu, kok kesannya nyante banget ya.. Huummpphh.. Seinget gw, ini bom dirasain dalam radius sampe lebih dari 3 kilometer gituh.. Gak ada raungan ambulans.. Gak ada raungan sirene polisi.. Ato mungkin di pilem itu, lagi pada libur polisinya? He..

  8. Ada lagi yang aneh. Jenazah yang pertamanya dikira Julie Dawson ituh, tubuhnya kebakar. Gosong.. Tapi bajunya yang tipis melambai itu utuh.. Aduh.. Keren banget bajunya, anti api.. Beli dimana ituh...?

  9. Masi berkutat sekitar Julie Dawson palsu.. Badannya gosong, tapi idungnya dalemnya masi putih.. Bisa ya kayak gitu..? Saya blom pernah liat orang gosong.. Nakutin.. Jadi ndak bisa bandingin.. Dan gosongnya sebenernya lebih keliatan kayak balutan lumpur daripada kepanggang api..

  10. Yang bikin gw tambah gedheg-gedheg, waktu adegan Amrozi abis keluar dari ruang persidangan. Wah, ini pilem kalo ditonton sama orang luar, kayaknya bakal gawat. Gak ada pemandangan itu polisi bertebaran jaga jaga. Ada sih, tapi dikit. Yang mengawal Amrozi? Cuma duwa orang..!!! Waduh.. Itu aja polos banget seragamnya. Padahal seinget gw, hampir semua petugas yang ngawal Amrozi, Ali Imron, sama Imam Samudra ituh pake penutup kepala. Gak ada yang polosan kayak gituh. Kesannya, serampangan banget ngawal pelaku pemboman gedhe kayak gituh..

  11. Gw kagum banget liat si Julie Dawson aseli, yang ditemuin selamat dari dalam Sari Club. Gak ada luka satupun..!! Cuma kena lumpur lumpur aja.. Waow.. Pake protector apa aja mbak?

  12. Coba perhatiin gaya lari orang-orang waktu bom di Paddy's Club meledak. Bukan moment yang pantas buat diketawain sih.. Tapi... Maap.. Hummpphh... Wakakakakk..

Hehe.. Ituh sederetan hal yang bikin gw gatel banget pengen nimpukin sutradaranya. Sedikit ada kesan, buat pilem beranggaran 8 milyar, pilem ini ngawur banget penggarapannya.

Tapi bukannya sama sekali gak ada bagusnya kok.. ^_^
Masi ada Alex Komang yang masi keren aktingnya. Sekian artis utama termasuk si bule bule ituh (Mirrah Foulkes & Raelee Hill) juga lumayan kuat karakternya. Karakter Haji Ismail yang paling bikin gw masi bisa senyum liat pilem ini.

Sayang, padahal sebenernya jalan ceritanya udah keren, tapi gak dalem penggaliannya.. Jadi pilem yang nanggung banget menurut gw.. (maap banget buat yang kagum ama ni pilem..)

Akhir kata (cieehh..), sayah ucapkan selamat menikmati anehnya pilem ini.. He..

Link :