24 January 2007

Top Ten Tips Kalahkan JETLAG



Khusus buwat pakdhe ndoro kakung pecasndahe..

Apa sih Jetlag?
Bisa diartikan sebagai gangguan terhadap jam biologis tubuh ketika kita melakukan perjalanan dan tiba ke suatu tempat dimana siang dan malam sama sekali berbeda dengan tempat asal kita tinggal.

Kok bisa sampe ada gangguan? Kan cuma beda jam ajah..
Hehe.. That's obviously in my mind when i heard about this sympthoms for the first time. Secara jam hidup gw berantakan. Orang tidur malem, gw malah kelayapan ato melek depan notebook semaleman.. Orang berangkat ke kantor, gw malah tidur di kantor.. *loh?!*
Jadi mo ditaruh di negara manapun, kayaknya gak bakal ngefek banyak buat badan gw.. Wekekekkek..
(Tapi kata Pakdhe Mbilung, yang ngefek tuh Jetlag Displinnya.. Haha..)

TOP TEN ngatasin jetlag di tempat baru :

  1. Begitu sampe di tempat tujuan, langsung tidur.. Istirahat yang baik, bakal sangat membantu..
  2. Begitu istirahat dirasa cukup, langsung sesuaiin jam hidup orang sana. Jam makan orang sana, jam kerja orang sana, mereka bangun jam berapa, tidur jam berapa.. Kata temen gw, ini cara adaptasi yang paling gampang.. (buat disarankan, bukan buat dilakukan.. wekekek..)
  3. Sering-sering ajah kena sinar matahari waktu siang. Ini bantu banget buat nge-"reset" jam biologis yang udah kebentuk di tempat lama.
  4. Minum minuman berkafein di siang hari.
  5. Nah, sebaliknya, kalo dah mulai malem, jauhin tu semua minuman berkafein. Say no to alcohol too.. Kalo dilanggar, kecil kemungkinan Anda bisa tidur nyenyak.. Ini bakal bikin Anda tambah menderitaa...
  6. Coba pijet-pijet refleksi, ato yoga, ato gimana caranya melakukan senam pernapasan, ato senam SKJ kalo perlu.. Hehe.. Intinya sih buat tubuh kita rilex..
  7. Buat yang biasa fitnes, nah, mungkin bisa dihindari tuh fitnes waktu mo tidur..
  8. Walo banyak sumber mengatakan gak ada satupun obat atau pil untuk meredakan simptom jetlag, tapi ada bocoran, katanya kita bisa menggunakan hormon yang namanya Melatonin. Melatonin biasa digunakan para traveller untuk menyesuaikan jam biologis tubuh yang terlanjur tercipta. Sayangnya hanya tersedia di apotek bebas pada beberapa negara aja. Karena ada perdebatan atas efek samping Melatonin, dan FDA sendiri gak menyetujui penggunaan Melatonin. Lagian, banyak sumber juga mengatakan, bahwa kegunaan Melatonin sebenernya belum terbukti..
    Jadi? Ngapain juga gw nyaranin pake Melatonin ya..? *binun sendiri..*
  9. Nah, kebanyakan orang terlanjur tersugesti sama Jetlag ini. Padahal banyak simptom abis turun pesawat kayak mata kering, pusing, hidung yang meler atau malah iritasi, telinga sakit, and bla bla bla, adalah sama sekali bukan efek dari jetlag. Kata dokter sih, itu cuma karena udara yang kering, tekanan yang tinggi, dan kelelahan aja karena kelamaan di pesawat..
  10. Tips terakhir yang bisa sayah berikan adalah : CUEK.........
    Jadi ndak masalah mo dipindah ke kutub manapun.. Wekekek..

Link :