19 February 2007

Puting yang Gak Seksi Banget


Gila, seumur-umur, baru kali ini Jogja kena angin puting beliung yang merusak parah kayak gini. 206 rumah rusak berat.

Sekitar pukul 5 sore kemaren, ada angin puting beliung ngamuk di kawasan sekitar Lempuyangan mundur ke selatan sampe Jalan Kusumanegara. Taunya gara-gara temen gw kasi tau berita di detikdotcom. Sebenernya pengen langsung ke lokasi, tapi temen-temen yang udah duluan lewat sana, laporan kalo TKP macet berat, dan ditutup sama polisi.

Akhirnya, setelah pikir-pikir, mungkin tengah malam tuh waktu yang tepat buat meluncur ke lokasi. Bareng temen yang jauh-jauh dari Sewon sana dateng jemput saya di kantor pukul 1 pagi buta, saya merasakan sensasi baru, liat hasil kekejaman angin puting beliung, di kota saya sendiri, tempatnya cuma 3 kilo dari kantor saya.

Kita berdua liat Bioskop Mataram dan sekitarnya yang bener bener kacau dan balau. Lesehan Cak Koting favorit saya udah gak ada bentuknya. Meja, campur genteng, campur benda-benda berat (hehe.. apa ni nyebutnya..) kayak diulek-ulek disitu. Dan tempat itu penuh polisi.

Billboard Bioskop Mataram yang guedhe buwanget ituh sama sekali gak bersisa di tempatnya semula. Tumbang ke tanah. Semua bagian. Rumah sebelahnya juga kacau. Pertokoan di seberang Bioskop Mataram, lumayan kena imbas. Tiang listrik roboh. Kabel berjuntaian (ngeri juga tu benernya). Dan daerah sana bener-bener gelap. Gak ada listrik ngalir. Sign box ATM Mandiri yang ada di Laboratorium Pramita tumbang, dari akarnya. Dimana-mana, orang-orang berkerumun di jalan.


Jalanan penuh genteng pecah. Berantakan abis, kacau balau. Benda-benda disini tuh kayak mainan anak-anak yang abis diobrak-abrik pemiliknya. Saya baru kali ini melihat efek langsung dari angin twister yang besar kayak gini.


Ke selatan lagi, masuk ke Jalan Gayam, tempat Radio Geronimo berada, disitu gak kalah kacaunya. Jalanan penuh pohon tumbang. Sebagian udah dipotong-potong oleh warga dan disingkirkan. Banyak gedung roboh, karena kejatuhan pohon tumbang. Sempet liat rombongan Sultan. Tapi males ngajak kenalan, ntar saya dikira naksir anaknya.. (Lah, anaknya kan cewek semua..)

Thanx god, tower Geronimo masi utuh di tempatnya semula. Pasti bakal lebih parah lagi kalo tu tower ikutan tumbang. Suasana bener-bener kacau dan balau.Berantakan. Saya sempet ngenes ituh liat kucing kecil, ngeong-ngeong sambil ngais-ngais reruntuhan rumah.. Aduh.. Jangan-jangan ibunya kejatuhan pohon...

Waow...


Waow..



Dan waoww...


Cuma bisa ngomong itu sepanjang perjalanan. Jadi inget gempa gedhe taon kemaren.. Aduh.. Jogja jangan kenapa-kenapa lagi dooong....