18 July 2006

Mini Tsunami di Parangtritis..



Kemaren Senen, tanggal 17 Juli 2006, gw diajak temen gw, si eNdut ke Parangtritis. Ada keluarga si eNdut yang dateng dari Kalimantan. Itung-itung piknik deh.. Sapa tau kecipratan makan gratis.. Hehehe..

Sekitar setengah lima, mobil sampe ke daerah wisata pantai. Gw bilang ama si eNdut, cari aja parkiran paling ujung, jadinya bisa deket ama pantai. Jadilah kita parkir di tempat parkir dalem, tapi gak paling ujung, soalnya dah keburu dicegat banyak orang jaga parkir..

Mobil masuk parkiran, blom sempet kita turun, tau-tau orang -orang berlarian. Parkiran motor di sebelah mobil gw langsung diserbu orang. Ada yang pake kuda. Ada yang cuma lari seadanya. Gw kirain ada apaan.. Gak lama, gw liat air di belakang mereka. Sekitar setengah sampe 1 meter.

Weks?!!

Pasang macam mana yang airnya sampe ke daerah parkiran sini..???!!!

Orang-orang di sekitar gw dah pada tereak-tereak.
"Tsunami.. Tsunami.."

Kontan penumpang kursi belakang (3 sepupu si eNdut yang masi SD) ikut panik. "Bang, cepet puter balik ke Jogja, Bang.. Cepet bang..!! Air naek, Bang..!!" Si Tante juga ikutan panik. Untung Om si eNdut tuh orang yang cukup tenang. Jadi dia gak ikutan nggebukin si eNdut buat cepet-cepet kabur dari situ. ;p

Adalah suatu masalah tersendiri buat puter balik mobil di tempat sekecil itu, dan di tengah kehebohan massa seperti kemaren. Selain jalan dipenuhi orang-orang yang panik berlarian, motor yang ngebut, banyak juga sesama mobil panik yang mo kabur.. Untung si eNdut ini orangnya gak gampang panik. Dan gw berbesar hati buat bantuin keadaan dalam mobil tetap terkendali dengan gak ikutan heboh..
Gw emang hebat.. *howek..!! padahal panik juga tuh..!! :( *

Air sempet kena mobil gw, tapi untung airnya udah gak gitu tinggi.

Miris liat orang-orang panik kayak kemaren. Ada anak laki-laki kecil yang naek sepeda dan ikut menjauh dari pantai menangis nyari si emak. Ada ibu-ibu nggendong anaknya yang masih bayi malah deketin pantai, tereak-tereak nyari anaknya yang tadi maen di pantai. Malah ada yang sempet nyegat mobil gw, minta ngikut mobil. Sayang gw dan si eNdut lagi konsen berat nyetir di tengah kehebohan, jadi dia gak liat tuh orang. Yang liat malah si Om, itu aja ngomongnya waktu mobil udah jauh banget.. (gimana sih Om.. Kan kita jadi keliatan kejam tuh..)

Gw waktu itu masi sempet ketawa-ketawa. Gw ama si eNdut mikir, mungkin itu cuma air pasang yang lagi sangat tinggi aja. Apalagi liat Kali Progo yang tenang-tenang aja.

Setengah 7 malem, mami yang lagi di Surabaya nelpon.
"Tika, kamu gak usah kemana-mana. Pangandaran gempa dan ada tsunami disana. Jangan nekat kayak waktu gempa kemaren!!"

Sedikit flash back, waktu gempa tanggal 27 Mei, gw bukannya jaga rumah tapi langsung turun ke jalan liat-liat kondisi sampe sore, ninggal adek bungsu gw di rumah. Mami ama si bos (alias bokap) lagi di Batam. Waktu mereka sampe Jogja, abis gw kena marah.. Hehehe..

Nah, balik ke cerita. Setelah ditelpon mami, gw baru ngeh kalo kejadian di parangtritis tadi itu efek dari gempa dan tsunami di pangandaran.. Dan liat berita pagi ini, Parangtritis kaco juga ya..

Yah, pengalaman lah.. Gw liat mini tsunami.. :)